Ide dan peluang kewirausahaan
A.
Pengertian
ide dan peluang kewirausahaan
Dalam
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ide adalah rancangan yang tersusun di
pikiran. Sedangkan Peluang menurut kamus besar bahasa Indonesia kesempatan
(ruang gerak) baik dalam bentuk konkret maupun dalam bentuk abstrak (Taufan,
1998: 34). Sehingga peluang kewirausahaan dapat diartikan kesempatan pasti yang
bisa didapatkan seseorang atau lebih dengan mengandalkan potensi diri yang ada
serta memanfaatkan berbagai kesempatan atau peluang yang dengan segera diambil.Peluang
kewirausahaan dalam pengertian lebih mendalam dapat dibagi menjadi dua yakni
peluang internal dan peluang eksternal. Peluang internal merupakan peluang yang
memang sudah ada dalam diri wirausaha sehingga menjadi dasar untuk membaca
keadaan sesuai dengan potensi yang dimiliki. Sedangkan peluang eksternal
merupakan peluang yang lahir dari proses pembacaan kondisi atau respon seorang
wirausaha atas situasi yang menurutnya berpotensi untuk menjadi peluang
(kesempatan pasti).
Keterkaitan
ide dan peluang kewirausahaan Seorang wirausaha dapat menambah nilai suatu
barang dan jasa melalui inovasi. Keberhasilan wirausaha dicapai apabila
wirausaha menggunakan produk, proses dan jasa-jasa inovasi sebagai alat untuk
menggali perubahan. Oleh sebab itu, inovasi merupakan instrument penting untuk
memberdayakan sumber-sumber agar menghasilkan sesuatu yang baru dan menciptakan
nilai tersendiri. Ketangguhan kewirausahaan sebagai penggerak perekonomian
terletak pada kreasi baru untuk menciptakan nilai secara terus-menerus.
Wirausaha dapat menciptakan nilai dengan cara mengubah semua tantangan menjadi
peluang melalui ide-idenya dan akhirnya ia menjadi pengendali usaha (business
driven).
B.
Sumber
ide peluang kewiraushaan
1.
Pengalaman pribadi
Dasar
utama ide awal adalah pengalaman pribadi, baik saat bekerja maupun di rumah.
Pengetahuan yang didapatkan dari pekerjaan yang terakhir maupun yang sekarang
seringkali membuat seseorang untuk melihat kemungkinan memodifikasi produk yang
telah ada, memperbaiki pelayanan, menduplikasi konsep dalam lokasi yang
berbeda.
2. Minat/hobi
2. Minat/hobi
Kadangkala
minat tumbuh di luar statusnya sebagai minat dan menjadi bisnis. Seseorang yang
memiliki suatu minat/hobi terhadap suatu bidang tertentu, akan melahirkan suatu
ide untuk mendirikan usaha yang terkait dengan hobi tersebut.
3.
Penemuan secara tidak sengaja
Melibatkan sesuatu yang disebut
SERENDEPITAS (kemampuan menemukan sesuatu) atau sejenis kemampuan untuk membuat
penemuan yang diinginkan secara tidak sengaja.
4. Pencarian ide dengan penuh pertimbangan
4. Pencarian ide dengan penuh pertimbangan
Sebuah
ide awal dapat muncul dari percobaan yang dilakukan oleh wirausaha untuk
menemukan ide baru. Usaha pencarian sedemikian rupa dapat berguna karena hal
tersebut menrangsang kesiapan pikiran.
C.
Metode-metode
untuk memunculkan ide
1.
Kelompok focus
Hal
ini dilakukan dengan membentuk sebuah kelompok yang terdiri dari
konsumen, potensial dari berbagai latar belakang atau karakteristik sosial
ekonomi yang ditargetkan perusahaan berjumlah 8 hingga 14 orang, dipimpin oleh
seorang moderator guna mendiskusikan suatu permasalahan yang dilontarkan salah
seorang anggota kelompok guna memunculkan ide tentang produk baru yang sesuai
dengan kebutuhan konsumen dan dapat dipasarkan.
Metode ini sangat berguna untuk menyaring beberapa konsep produk yang ada agar selanjutnya dapat dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif.
Metode ini sangat berguna untuk menyaring beberapa konsep produk yang ada agar selanjutnya dapat dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif.
2.
Bertukar pikiran
Metode
ini dapat digunakan dalam pengembangan produk baru didasarkan fakta bahwa
peningkatan kreativitas orang dapat dirangsang dengan cara dipertemukan dengan
orang lain dan diikutsertakan dalam suatu diskusi berkelompok. Dengan cara ini
ide-ide baru dapat muncul.
Metode ini dapat lebih efektif jika didiskusikan didasarkan pada kategori produk atau wilayah pasar tertentu.
Metode ini dapat lebih efektif jika didiskusikan didasarkan pada kategori produk atau wilayah pasar tertentu.
Adapun peraturan dalam metode
ini adalah:
a. Tidak diperkenankan adanya komentar negatif/kritik terhadap pendapat seseorang
b. Diharapkan berpikir sebebas mungkin
c. Diusahakan memperoleh sejumlah besar ide-ide baru
d. Diperbolehkan adanya kombinasi dari ide-ide yang dikemukakan dalam diskusi untuk memunculkan suatu ide baru
3. Analisis masalah
Metode ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner pada para konsumen atau calon konsumen potensial untuk memperoleh tanggapan mengenai kinerja suatu produk pada kategori tertentu atau persepsi terhadap suatu konsep produk baru yang akan dipasarkan. Hasil yang diperoleh kemudian dianalisis secara mendalam agar keputusan yang dibuat benar-benar dapat memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen.
a. Tidak diperkenankan adanya komentar negatif/kritik terhadap pendapat seseorang
b. Diharapkan berpikir sebebas mungkin
c. Diusahakan memperoleh sejumlah besar ide-ide baru
d. Diperbolehkan adanya kombinasi dari ide-ide yang dikemukakan dalam diskusi untuk memunculkan suatu ide baru
3. Analisis masalah
Metode ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner pada para konsumen atau calon konsumen potensial untuk memperoleh tanggapan mengenai kinerja suatu produk pada kategori tertentu atau persepsi terhadap suatu konsep produk baru yang akan dipasarkan. Hasil yang diperoleh kemudian dianalisis secara mendalam agar keputusan yang dibuat benar-benar dapat memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen.
D.
Alasan utama kegagalan usaha baru
1. Pengetahuan pasar yang tidak memadai
kelemahan ini termasuk juga kurangnya informasi mengenai potensi permintaan untuk produk, ukuran pasar sekarang dan masa yang akan datang, pangsa pasar yang bisa diharapkan secara realistis, dan metode distribusi yang memadai
2. Kinerja produk yang salah
seringkali produk baru tidak berfungsi seperti yang disebutkan yang disebabkan terlalu cepatnya pengembangan produksi dan uji coba produk, atau kendali mutu yang tidak memadai.
3. Usaha pemasaran dan penjualan yang tidak efektif
Hasil yang buruk sering menunjukkan usaha promosi yang salah arah dan tidak memadai dan kurangnya kemampuan memecahkan masalah yang ada dalam penjualan, pelayanan, atau kedekatan dengan pasar.
4. Tidak disadarinya tekanan persaingan
Usaha baru sering gagal karena wiraswastawan tidak memperhitungkan reaksi yang mungkin dilakukan pesaing, seperti potongan harga yang tinggi dan diskon khusus kepada pengecer.
5. Keusangan produk yang terlalu cepat
Daur hidup produk baru cenderung menjadi semakin pendek pada banyak industry kemajuan tekhnologi demikian cepat sehingga produk baru cepat menjadi usang sesudah ia diluncurkan
6. Waktu memulai usaha baru yang tidak tepat
Pemilihan waktu yang salah untuk meluncurkan usaha baru sering menyebabkan kegagalan komersial. Produk baru mungkin diperkenalkan sebelum adanya keinginan riil pasar dan tekhnologi baru atau produk tersebut mungkin terlambat diperkenalkan di pasar, ketika minat dari konsumen mulai turun.
7. Kapitalisasi yang tidak memadai, pengeluaran operasi yang tidak diprediksi, investasi yang berlebihan pada asset tetap dan kesulitan keuangan.
1. Pengetahuan pasar yang tidak memadai
kelemahan ini termasuk juga kurangnya informasi mengenai potensi permintaan untuk produk, ukuran pasar sekarang dan masa yang akan datang, pangsa pasar yang bisa diharapkan secara realistis, dan metode distribusi yang memadai
2. Kinerja produk yang salah
seringkali produk baru tidak berfungsi seperti yang disebutkan yang disebabkan terlalu cepatnya pengembangan produksi dan uji coba produk, atau kendali mutu yang tidak memadai.
3. Usaha pemasaran dan penjualan yang tidak efektif
Hasil yang buruk sering menunjukkan usaha promosi yang salah arah dan tidak memadai dan kurangnya kemampuan memecahkan masalah yang ada dalam penjualan, pelayanan, atau kedekatan dengan pasar.
4. Tidak disadarinya tekanan persaingan
Usaha baru sering gagal karena wiraswastawan tidak memperhitungkan reaksi yang mungkin dilakukan pesaing, seperti potongan harga yang tinggi dan diskon khusus kepada pengecer.
5. Keusangan produk yang terlalu cepat
Daur hidup produk baru cenderung menjadi semakin pendek pada banyak industry kemajuan tekhnologi demikian cepat sehingga produk baru cepat menjadi usang sesudah ia diluncurkan
6. Waktu memulai usaha baru yang tidak tepat
Pemilihan waktu yang salah untuk meluncurkan usaha baru sering menyebabkan kegagalan komersial. Produk baru mungkin diperkenalkan sebelum adanya keinginan riil pasar dan tekhnologi baru atau produk tersebut mungkin terlambat diperkenalkan di pasar, ketika minat dari konsumen mulai turun.
7. Kapitalisasi yang tidak memadai, pengeluaran operasi yang tidak diprediksi, investasi yang berlebihan pada asset tetap dan kesulitan keuangan.
E.
Cara menjadikan ide sebagai peluang usaha
· Ide dapat digerakkan secara internal melalui perubahan cara-cara/metoda yang lebih baik untuk dapat memenuhi kepuasan pelanggan.
· Ide dapat dihasilkan dalam bentuk produk dan jasa baru.
· Ide dapat dihasilkan dalam bentuk modifikasi, bagaimana pekerjaan dilakukan atau dimodifikasi cara melakukan suatu pekerjaan.
· Ide dapat digerakkan secara internal melalui perubahan cara-cara/metoda yang lebih baik untuk dapat memenuhi kepuasan pelanggan.
· Ide dapat dihasilkan dalam bentuk produk dan jasa baru.
· Ide dapat dihasilkan dalam bentuk modifikasi, bagaimana pekerjaan dilakukan atau dimodifikasi cara melakukan suatu pekerjaan.
Sumber-sumber
potensial peluang
Agar ide-ide potensial menjadi peluang bisnis yang
riil, maka wirausaha harus bersedia melakukan evaluasi terhadap peluang secara
terus-menerus. Proses penjaringan ide atau disebut screening merupakan suatu
cara terbaik untuk menuangkan ide potensial menjadi produk dan jasa riil.
Adapun
langkah dalam penjaringan ide dapat dilakukan sebagai berikut:
1.
Menciptakan produk baru dan berbeda
Produk
dan jasa yang dibuat harus menciptakan nilai bagi pembeli, untuk itu wirausaha
harus benar-benar mengenal prilaku konsumen di pasar. Ada dua unsur pasar yang
perlu diperhatikan :
a.
Permintaan terhadap barang/jasa yang dihasilkan
b.
Waktu penyerahan dan waktu permintaan barang/jasa.
Kemampuan
untuk memperoleh peluang , sangat bergantung pada kemampuan wirausaha untuk
menganalisis pasar, yang meliputi aspek :
Analisis
demografi pasar
Analisis
sifat serta tingkah laku pesaiang
Analisis
keunggulan bersaing dan kefakuman pesaing yang dapat dianggap dapat menciptakan
peluang
2.
Mengamati pintu peluang
Wirausaha
harus mengamati potensi-potensi yang dimiliki pesaing, misalnya :
a.
Kemungkinan pesaing mengembangkan produk baru,
b.
Pengalaman keberhasilan dalam mengembangkan produk baru,
c.
Dukungan keuangan,
d.
Keunggulan-keunggulan yang dimiliki pesaing di pasar.
Kemampuan
pesaing untuk mempertahankan posisi pasar dapat dievaluasi dengan mengamati
kelemahan-kelemahan dan resiko pesaing dalam menanamkan modal barunya.
Untuk mengetahui kelemahan, kekuatan, dan
peluang yang dimiliki pesaing, dan peluang yang dapat kita peroleh, menurut
Zimmerer (1996 : 67) ada beberapa keadaan yang dapat menciptakan peluang, yaitu
:
a.
Produk baru harus segera di pasarkan dalam jangka waktu yang relative singkat,
a.
Kerugian teknik harus rendah,
b.
Bila pesaing tidak begitu agresif untuk mengembangkan strategi produknya
c.
Pesaing tidak memiliki teknologi canggih,
d.
Pesaing sejak awal tidak memiliki strategi dalam mempertahankan posisi
pasarnya,
e.
Perusahaan baru memiliki kemampuan dan sumber-sumber untuk menghasilkan produk
barunya.
3.
Analisis produk dan proses produksi secara mendalam
Analisis
ini sangat penting untuk menjamin apakah jumlah dan kualitas produk yang di
hasilkan memadai atau tidak.
4.
Menaksir biaya awal
Yaitu
biaya awal yang diperlukan oleh usaha baru.
5.
Memperhitungkan resiko yang mungkin terjadi.
Resiko
pesaing, kemampuan dan kesediaan pesaing untuk mempertahankan posisi pasarnya:
a.
Kesamaan dan keunggulan produk yang dikembangkan pesaing
b.
Tingkat keberhasilan yang dicapai pesaing dalam pengembangan produknya
c.
Seberapa besar dukungan keuangan pesaing bagi pengembangan produk baru
Pemilihan
bidang usaha
Ada
beberapa hal yang bisa anda gunakan sebagai patokan awal dalam memilih suatu
bidang usaha yang akan anda tekuni dalam jangka panjang:
1. Lihat
karakter usaha Anda dan sesuaikan dengan karakter pribadi anda, tujuannya
adalah untuk melihat apakah karakter dasar anda sesuai dengan karakter usaha
anda.
2. Lihat
apakah Anda menyukai usaha tersebut kenyataan ini menunjukkan bahwa rasa suka
pada usaha akan membuat seseorang lebih giat, tekun, dan pantang menyerah dalam
menjalankannya sehingga nantinya akan membuahkan hasil yang baik.
3. Lihat
apakah Anda mampu menjalankan usaha tersebut. Tujuannya kita bisa mengukur
kemampuan diri kita dengan mengadakan beberapa analisis atau riset sederhana
mengenai usaha tersebut.
4. Analisis
risk-return dan potensi pengembangan usaha tersebut Dalam memilih bidang usaha
yang Anda geluti, sudah pasti Anda harus memperhitungkan beberapa pengembalian
modal (return) yang akan Anda dapatkan dari usaha tersebut.
Ayesha Danish berkata...
BalasHapusNama saya Ayesha Denmark dari Kuala Lumpur di Malaysia, tetapi saya tinggal di Indonesia dengan Keluarga saya sepanjang hidup saya. Saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang agar waspada dalam mendapatkan pinjaman di sini, begitu banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka hanya di sini untuk merampok uang Anda yang susah payah, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp200.000.000 dari ibu Gift dan saya kehilangan sekitar Rp7.000.000 juta tanpa mendapatkan pinjaman, mereka meminta saya membayar berkali-kali untuk biaya itu, saya membayar hampir Rp7.000.000 juta masih belum mendapatkan pinjaman, tolong jangan menghubungi ibu bernama Gift.
Untungnya bagi saya saya melihat posting di blog tentang ibu Rebacca: PERUSAHAAN PINJAMAN ALMA REBACCA yang merupakan pemberi pinjaman yang sah, saya menghubungi ibu Rebacca dan saya mengajukan pinjaman senilai Rp500.000.000, saya pikir itu adalah lelucon dan kecurangan, tetapi Saya mendapatkan pinjaman kurang dari 3 jam dengan bunga hanya 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang karena saya telah diselamatkan dari kesulitan keuangan, saya mendesak Anda semua yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman di ASIA dan bagian lain dunia, orang terbaik untuk dihubungi adalah ibu Rebacca dan saya bersumpah kepada ALLAH SWT bahwa semua masalah Anda akan terpecahkan, jadi saya menyarankan semua warga di sini yang membutuhkan pinjaman untuk dihubungi
Ny. Rebacca Alma melalui email: (rebaccaalmaloancompany@gmail.com)
Ini adalah ibu yang baik Nyonya Alma WhatsApp Nomor +14052595662
Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (ayeshadanish@gmail.com) Semoga Allah menyertai Anda semua
Saya LEONY DORA PATTY dari Perum Ivory, jl. Kendangsari III/20A, kav.B6, Surabaya, ingin mengucapkan selamat kepada ibu Rika Anderson Lender perusahaan atas dana puasa dan uang yang mereka pinjamkan kepada saya tanpa jaminan.
BalasHapusSaya mendapat $6.214,00 (Rp91.041.936) dari ibu Rika dengan bunga 2% untuk menyelamatkan hidup saya, pendidikan anak saya dan pengembangan bisnis.
Hubungi oleh
Situs web: www.rikaandersonloancompany.com
email: Rikaandersonloancompany@gmail.com
support@rikaandersonloancompany.com
www.wasap.my/+19295260086/RikaAndersonloancompany
Whatsapp: +1(929)526-0086
Wasap: +6285854125084
Nomor Whatsapp Saya: +62 818-9018-511
Email: nyratyy@gmail.com
Negara: Indonesia
kota : surabaya
Jumlah: $6.214,00 (Rp92.000.000)
Tanggal: 03 Agustus 2020
Instagram: nyratyy
Twitter: @DoraLeony
Saya Miluliua lius dari Indonesia, saya menggunakan Covid-19 Virus kali ini untuk memperingatkan semua kolega, saudari dan saudara lelaki saya di Indonesia. Yang mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. Satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan kepada Anda pinjaman asli adalah RIKA ANDERSON PINJAMAN PERUSAHAAN.
BalasHapusSaya mendapat pinjaman dari mereka pada bulan April 2020 ini. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 4 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.
Tapi ibu RIKA ANDERSON mengembalikan impian saya. Ini adalah alamat email asli mereka:
www.rikaandersonloancompany.com
email: rikaandersonloancompany@gmail.com
Email: support@rikaandersonloancompany.com
Jalur Kantor: +1(929)526-0086
Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda mau. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan saya untuk saran.
Email: Miluliualius@gmail.com
082235421239
TESTIFIER: Zulaikha Yugesh
BalasHapuszulaikhayugesh@gmail.com
Pinjaman Hibah: Rp600.000.000
Warga negara Malaysia dan tinggal di Indonesia
PERUSAHAAN PINJAMAN: RIKA ANDERSON LOAN COMPANY
Situs web: https://rikaandersonloancompany.com
Email: support@rikaandersonloancompany.com
email: rikaandersonloancompany@gmail.com
www.wasap.my/+19295260086/RikaAndersonloancompany
Whatsapp: +1(929)526-0086
Damai selalu bersamamu! Nama saya Bu Zulaikha Yugesh, warga negara Malaysia dan tinggal di Indonesia. Saya ingin bersaksi tentang pemberi pinjaman yang baik yang menunjukkan kepada saya bahwa setelah ditipu oleh 4 kreditor internet yang berbeda, mereka semua berjanji untuk memberi saya pinjaman setelah membuat saya membayar begitu banyak sehingga saya tidak mendapatkan apa-apa dan jumlahnya tidak positif.
Saya kehilangan uang yang saya peroleh dengan susah payah dan mendapat Rp18.000.000 Suatu hari ketika saya menjelajah internet secara misterius, saya menemukan seorang lelaki kesaksian yang juga tertipu dan akhirnya terhubung dengan perusahaan pinjaman yang sah bernama Mother RIKA ANDERSON LOAN COMPANY (rikaandersonloancompany@gmail.com ) di mana dia akhirnya mendapatkan pinjaman, jadi saya memutuskan untuk menghubungi RIKA ANDERSON LOAN COMPANY yang sama dan kemudian menceritakan kisah saya tentang bagaimana saya ditipu oleh 4 peminjam berbeda yang tidak melakukan apa pun selain membuat saya sakit.
Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui pos dan semua yang mereka katakan kepada saya tidak perlu menangis karena saya akan mendapatkan pinjaman di perusahaan mereka dan juga saya membuat pilihan yang tepat untuk menghubungi mereka.
Saya mengisi formulir aplikasi pinjaman dan meneruskan semua permintaan saya dan meminjamkan Rp600.000.000 oleh Perusahaan Hebat ini (RIKA ANDERSON LOAN COMPANY) yang dioperasikan oleh Ms. RIKA ANDERSON dan di sini saya senang hari ini dengan keluarga saya karena Ibu Rika memiliki pinjaman dengan saya .